Selasa, Desember 09, 2008

Instalasi Kubuntu 8.10 Intrepid Ibex di Acer Aspire 4530

Setelah menunggu sekitar satu bulan lamanya, akhirnya kiriman CD Kubuntu 8.10 Intrepid Ibex datang juga (CD dapat diminta di www.shipit.kubuntu.org). Request CD dikirim tanggal 3 November 2008 dan sampai tanggal 1 Desember 2008. Paket berisi CD Ubuntu, Kubuntu, serta selembar stiker menarik. Kita hanya membayar uang ganti untuk packing sebesar Rp. 7000,- kepada PT POS. Tanpa menunggu lama saya langsung menginstalnya di Acer Aspire 4530. Karena untuk versi Ubuntu/Kubuntu sebelumnya (Hardy Heron), sistem belum mendukung, jadi Kubuntu belum bisa dioperasikan. Setelah browsing di internet dan mencari forum yang membahas instalasi Kubuntu 8.04 ke Acer Aspire 4530, kebanyakan dari user mengalami permasalahan yang sama, SO tidak mensupport.
Namun untuk Kubuntu 8.10, sistem sudah bisa di support, jadi tampaknya permasalahan yang terjadi pada versi sebelumnya sudah tidak ada lagi. Ketika proses instalasi sudah dilakukan, saya langsung disuguhi dengan tampilan desktop KDE 4.1 yang menawan. Dengan warna khas Kubuntu, yaitu biru kehitaman (yang tentunya bisa kita set sesuai selera), memberi kesan desktop environment yang “teduh”. Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur tambahan yang mempercantik Kubuntu 8.10 ini, diantaranya opsi tampilan plasma yang mengijinkan user membuat tampilan desktop yang full screen. Adanya menu widget ala blog yang memberikan fasilitas-fasilitas kepada user untuk memasukkan beberapa aplikasi tambahan yang ditempelkan pada desktop. Diantaranya widget analog clock, digital clock, calculator, battere monitor, dll.
Untuk pengenalan driver, secara default pada Acer Aspire 4530, Kubuntu 8.10 cuma membaca pada perangkat wireless LAN (Atheros 802.11) dan soundcard. Namun untuk menjalankan aplikasi suara, semisal mp3 dan audio CD, kita tetap diminta untuk menginstall codecnya terlebih dahulu. Untuk driver VGA kita harus mendownloadnya sendiri via internet (cara termudah :) ). Jadi jangan heran kalau pergerakan tampilan agak sedikit lambat dengan resolusi layar 1280x720. Saya kira bagi pemakai Acer Aspire 4530 hal ini sudah tidak asing lagi. Namun ketika menginstall Ubuntu 8.10 ke PC dengan monitor non LCD, hal tersebut tidak menjadi masalah, tampilan berjalan dengan normal, namun dengan resolusi yang standar (600x800).
Untuk start menu pun pengguna bisa men-switch dari mode klasik ke mode Kickoff menu style. Tentunya dengan tampilan yang lebih enak dilihat dan tidak terlalu banyak memakan ruang pada layar. Untuk keamanan data, Kubuntu 8.10 masih memberikannya. Diantaranya ketika user ingin me-mounting sebuah drive, disitu akan muncul tampilan yang meminta user untuk memasukkan password root/super-user. Hal ini sangat baik untuk mencegah adanya pengambilan, penghapusan data, dll. tanpa sepengetahuan super-user, yakni password yang dimasukkan. Jadi kalau password salah, drive/harddisk tidak bisa diakses.
Tentunya masih banyak lagi keistimewaan dari Kubuntu 8.10, baik dari tampilan dan performa. Penulis saat ini juga masih dalam tahap “penjajakan”. Bagi pembaca yang sudah memiliki pengalaman menarik dan bermanfaat pada Kubuntu 8.10 ini, utamanya untuk aplikasi jaringan dan remote login, mohon diinfokan ya ..! :) . Karena mengacu pada slogan Ubuntu, “ Linux for human beings”. Jadi semakin banyak kita berbagi, semakin banyak kita mengetahui. :)
Semoga...

Cetak Halaman Ini

Posting yang Berkaitan



b13g_supriadi mengatakan...

ehm gw pake kubuntu jg, hasil downloadan cuman nunggu sehari, eh langsung dapet imagenya. Keren desktopnya.