Rabu, September 03, 2008

Linux : Mengikis Ketergantungan Terhadap Windows


Oleh: Nilam Ramadhani

Masih banyak terlihat dalam masyarakat kita, mereka yang masih menggunakan Sistem Operasi (SO) Windows. Hal ini masih sangat wajar, mengingat Windows “tampak” lebih familiar bagi pemakai setianya. Namun yang membuat para pengguna Windows ketar-ketir adalah, tentang penegakan hukum hak cipta/HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Hal ini yang dirasa Windows memiliki “sifat pilih kasih”. Maklum, lisensi SO ini terbilang sangat mahal. Jadi wajar saja kalau Bill Gates pernah 10 tahun berturut-turut menduduki peringkat pertama orang terkaya dunia versi majalah Forbes.
Namun kekhawatiran itu sebetulnya sudah terjawab sejak lama. Karena ada SO pengganti yang tak kalah hebat (bahkan lebih handal) dari Windows, namun dengan lisensi free alias gratis! Ya, Linux! Dengan Linux kita bisa bekerja tanpa takut dituduh melakukan software piracy (pembajakan perangkat lunak). Linux adalah jawaban jika kita ingin sebuah kehandalan, tampilan menawan, serta tidak membatasi untuk menyebarkan, meng-copy, bahkan memodifikasinya. Sungguh baik bukan?
Linux didukung oleh ratusan ribu programmer di seluruh dunia. Jika kita mendapati kesulitan dalam pengoperasiannya, tinggal search di Google, kemudian masuk deh ke milis/komunitas Linux yang ada. Dijamin, kesulitan bakal teratasi! Untuk software aplikasi, kita bisa mengunduh (download) pada situs terkait. Intinya,kita cukup menginstall, mempelajari, dan menikmati.
Memang saat ini sangat banyak distro Linux yang beredar, sekitar puluhan. Namun sebetulnya disitulah letak kelebihan Linux, kita bias mengeksplorasi kesemuanya. Namun, tidak ada salah satu distro yang diklaim paling baik. Karena, pemilihan distro yang kita pakai, didasarkan pada kesukaan dan “kecocokan” saja. Jadi terserah Anda mau pilih distro linux yang mana. Yang terpenting, siapkan selalu referensi berupa buku, majalah, artikel, dll. sebagai penunjang belajar kita.
Semoga dengan Linux kita tidak selalu bergantung kepada Windows. Banyak kelebihan linux yang kita masih belum menjamahnya. Harapannya, kelak linux bukan lagi “barang” yang asing, tapi akan menjadi sebuah kebutuhan dan partner pada saat kita bekerja. Hidup Software Gratisan!!
Linux : Mengikis Ketergantungan Terhadap Windows
Cetak Halaman Ini

Posting yang Berkaitan