Jumat, Desember 19, 2008

Berbagi Desktop Kubuntu 8.04 dengan TightVNC


Seperti pada tulisan sebelumnya, yakni “Eksperimen Kecil dengan RealVNC 4 antar platform Linux dan Windows”, kali ini saya akan mencoba berbagi hal yang serupa. Jika pada artikel yang lalu kita memakai Ubuntu, kali ini yang akan kita lakukan adalah pada varian distro Kubuntu 8.04. Untuk aplikasi VNC (Virtual Network Computing), kita akan menggunakan TightVNC. Software ini bisa kita download secara gratis di situsnya, www.tightvnc.com. Atau kalau masih belum bisa, silakan Anda tanya pada mbah Google alternative URL yang menyediakan software tersebut :).
Beberapa settingan Desktop Sharing yang akan kita lakukan pada distro Kubuntu (KDE) sebetulnya secara prinsip tidak jauh berbeda ketika kita bekerja dengan Ubuntu (GNOME). Yang membedakan hanya tampilan pengantarmukaannya saja. OK kita langsung saja memulai! Pada computer Kubuntu kita, -seperti biasa, kita harus menset IP Addressnya terlebih dahulu. Klik Start > System Setting> pada Network & Connectivity pilih Network Setting. Jangan lupa klik Administrator mode, kemudian pada tab Network Interface, pilih Configure Interface.
Pilihlah mode pengisian IP Address Manual (mode static) dan masukkanlah IP Address sesuka Anda, misalnya : 192.168.2.2. Kalau dirasa sudah cocok dengan selera :), klik OK dan Apply untuk mengakhiri konfigurasi.
Nah setelah itu, untuk dapat menjalankan aplikasi berbagi desktop ini, kita masuk ke Start > Internet > pilih Krfb-Desktop Sharing, akan muncul jendela Invitation.

Klik pada tombol Create Personal Invitation. Jendela tersebut berisi alamat Host, yaitu IP Address yang kita masukkan tadi pada Network Interface, Password yaitu kata sandi yang harus kita masukkan nanti pada aplikasi TightVNC, serta Expiration Time, yaitu batas waktu yang diberikan kepada user untuk melakukan koneksi Desktop Sharing. Setelah password dicatat, klik Close.

Pada sisi komputer Windows, perlu diinstall software yang dapat mengakomodasi dari Desktop Sharing lintas OS ini. Misal kita disini akan memakai TightVNC (www.tightvnc.com) . Sebetulnya kita juga bisa menggunakan software sejenis seperti RealVNC atau varian lain. Intinya software itu dapat menjalankan aplikasi Desktop Sharing berbasis protokol VNC.
Dengan asumsi kita telah mendownload dan menginstall TightVNC pada komputer Windows kita, maka jalankan aplikasi tersebut. Klik Start > All Programs > TightVNC > TightVNC Viewer. Akan muncul jendela yang meminta kita untuk memasukkan IP Address atau VNC Server tujuan. Masukkan IP Address pada mesin Kubuntu kita, yaitu 192.168.2.2 ( masih di ingat kan :) ) kemudian klik Connect.

Setelah itu akan muncul jendela yang meminta kita untuk memasukkan password yang terdapat pada jendela Personal Invitation di mesin Kubuntu. Ingat, password disini bersifat case sensitive, sehingga harap diperhatikan huruf besar dan huruf kecilnya :).


Jika password yang kita masukkan benar, maka akan muncul tampilan desktop Kubuntu. Gampang kan!! ;) . Selamat bermain!!



Cetak Halaman Ini

Posting yang Berkaitan