Selasa, November 25, 2008

Eksperimen Kecil dengan RealVNC 4 Antar Platform Linux dan Windows

oleh : Nilam Ramadhani

Berbagi desktop indah saat ini bukanlah hal yang sangat susah. Karena berbagai kemudahan itu bisa kita wujudkan dengan adanya software VNC (Virtual Network Computing), semisal RealVNC (www.realvnc.com) yang bisa di download secara gratis dari situsnya. Selain ukurannya yang kecil (kurang dari 2 MB), RealVNC juga menawarkan akses yang cepat karena tidak memberatkan pada jaringan. Dengan RealVNC, kita bisa berbagi desktop teman, sekaligus menikmati keindahan tampilannya.
Pada “dolanan” kecil saat ini digunakan 2 buah computer dengan masing-masing menggunakan system operasi Linux Ubuntu 8.04 dan Windows XP. Langsung saja, untuk settingan di Ubuntu, tentunya kita harus menentukan IP Address dari computer tersebut. Jika belum di set, seperti biasa klik System > Admistration > Wired Connection, pilih properties. Gunakan konfigurasi static IP Address, hal ini agar kita dapat menentukan IP sesuai selera hati :),misal 192.168.2.2. Jika sudah, klik OK. Hal ini dengan asumsi bahwa pengkabelan sudah benar :).

Setelah setting IP sudah beres (kalau masih belum yakin, gunakan utility ping) sekarang kita beralih untuk mengaktifkan remote desktop sharing di Ubuntu. Yaitu seperti biasa lagi, pilih System > Preferences > Remote Desktop. Beri tanda centang/cek pada opsi “allow other users to view your desktop” dan pada opsi-opsi lain sesuai kehendak. Jika membutuhkan keamanan ekstra, centang “Require the user to enter this password”. Hal ini akan membuat user lain yang akan meremote ke computer kita untuk diminta memasukkan password. Setelah dirasa settingan sudah sesuai, klik close. Berarti kita sudah mengaktifkan remote desktop pada computer Ubuntu kita.

Sekarang pada computer ber-OS Windows XP, untuk bisa mengakses desktop computer Ubuntu, diperlukan instalasi RealVNC. Disini kita menggunakan RealVNV 4, caranya sangat mudah tinggal klik file hasil download (vnc-4_1_2-x86_win32.exe) dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada (syndrome next).


Setelah RealVNC terinstall, bisa langsung kita pakai deh. Klik saja Run VNC Viewer pada Start Menu, kemudian masukkan IP Address di computer Ubuntu tadi, yaitu 192.168.2.2 ( masih di ingat kan?? :) .

Klik OK, dan…siap-siap melihat indahnya tampilan computer Ubuntu kita. Kira-kira tampilannya nanti seperti screenshot berikut :


Mudah sekali, bukan??! Selamat bermain :) !!
Cetak Halaman Ini

Posting yang Berkaitan



Risa mengatakan...

w kantor sih ga berani coba-coba mas..malah di banned sama IT-nya...repoootz dech...hehehe

nilam ramadhani mengatakan...

Emang sih mode ini gak aman, makanya saya beri penekanan "antar teman" yang bisa dipercaya hehe..ato hanya untuk sekedar utak-atik komputer pribadi di rumah. Jadinya aman kan??!! :)

rAdEn DhUrO mengatakan...

kenapa harus pake VNC om?kalo pake remote dekstop yg punya windows bisa gak?

nilam ramadhani mengatakan...

ya kl pake remote desktop standar Windows bisa aja sih..cuman kl beda OS, mending pake VNC,gituu..

milano mengatakan...

ah kl local ip sih gampang,gimana caranya kl kita ada di belakang router trus temen kita mau konek dari jaringan luar,itu gimana cara??