Minggu, Mei 03, 2009

Beberapa Tips Ngeblog Sehat


oleh : Nilam Ramadhani

Sebelum memulai ngeblog, ada baiknya kita harus mencari tahu terlebih dahulu gimana sih supaya ngeblog jadi menyenangkan??! Soalnya ada yang bilang, blog adalah cerminan dari pribadi si empunya (memang iya sih :) ). Ngeblog hari ini seperti sudah menjadi budaya digital. Jadi tidak ada salahnya bagi yang baru memulai, atau bahkan yang sudah professional sekalipun mengikuti beberapa saran berikut :
1. Pilih dan tentukan penyedia layanan blog yang sesuai dengan selera
Berbicara tentang selera, pastilah tiap pengguna memiliki kriteria tertentu yang berbeda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sebelum memulai ngeblog kita “selidiki” dulu tiap penyedia layanan blog. Perlu diakui, tiap penyedia layanan blog pastilah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saat ini telah banyak penyedia layanan blog gratis yang beredar. Katakanlah seperti blogger, wordpress, multiply, b2Evolution, dan sebagainya. Dari sekian banyak penyedia itu, kita harus menentukan penyedia blog mana yang pas dengan keinginan. Sebab, blog akan kita pakai seterusnya ( itupun kalau kita mau serius ngeblog loh !! :) ). Untuk itulah penting kiranya memulai ngeblog dengan melalui tahapan seleksi. Kadang ada satu user yang memiliki banyak blog dengan penyedia yang berbeda. Sebetulnya tidak masalah sih, cuma hanya akan menghilangkan nilai konsistensi saja (ce’ilee :)).
2. Menentukan tema dan isi blog
Membuat blog tentunya memiliki berbagai macam tujuan. Namun intinya adalah : publikasi (ya ngga’ :) ). Supaya isi blog tidak terkesan ‘nano-nano’, gado-gado, atau tidak konsisten terhadap isi, maka kita harus tentukan tema dari blog yang akan kita buat. Tema dan isi dari blog akan menunjukkan kepada pengunjung akan spesifikasi dari si empunya. Hal ini juga berkaitan dengan segmentasi yang akan dibidik nantinya. Misal tema tentang pendidikan, agama, politik, teknologi, kedokteran, sastra, atau hanya sekedar publikasi buku diary :) ) Karena spesifikasi ( kata lain dari tema isi :)) akan lebih meningkatkan personal image branding (meminjam istilah Romi Satriawahono) ketimbang isi blog yang tidak jelas arah dan segmentasinya. Jadi penting banget untuk menentukan theme dari blog yang akan kita bangun.
3. Mulailah ngeblog
Setelah kita menemukan layanan penyedia blogging yang pas dengan selera, dan sudah menentukan tema dari blog, maka langkah selanjutnya adalah memulai ngeblog tentunya :). Mulailah dengan banyak mengeksplorasi menu-menu dan layanan yang diberikan oleh provider blog. Hal itu dilakukan untuk membuat kita menjadi familiar terhadap fasilitas yang diberikan. Selain itu juga akan membuat pemilik blog lebih mudah memodifikasi tampilan, menu, widget, dan segala pernak-pernik yang dapat mempercantik tampilan blog. Kalau sudah dihasilkan bentuk tampilan dan fungsi yang pas dari blog kita, berarti blog sudah mewakili kepribadian si pemiliknya. Ada banyak blog layanan tutorial yang tersedia di internet. Jadi bagi seorang pemula (seperti saya contohnya :)) tidak perlu takut untuk tidak bisa mempercantik blog. Yang perlu sering kita lakukan adalah blogwalking ke blog tetangga yang disitu terdapat beberapa tips teknis mempercantik blog. Setelah dapat tips dan trik ngeblog, barulah kita praktekkan! Kalau kita mau bersabar dan berusaha, pasti bisa!
4. Rawat baik-baik blog kita
Blog juga butuh perawatan. Merawat blog bisa berarti kita terus memasukkan posting yang sesuai dengan tema blog. Bisa juga kita melakukan backup dari seluruh isi blog termasuk kode template-nya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika kita sedang mengutak-atik kode template dari blog. Karena kebanyakan blogger suka berekspresi dengan memasukkan kode-kode program untuk memodifikasi blog. Biar aman, salah satu cara mengamankan kode blog kita, ya dengan memback-up-nya, ya gak?! :) Selain itu juga perlu mencari ide-ide, informasi, referensi untuk memunculkan kreativitas menulis/memasukkan posting ke dalam blog. Karena banyaknya postingan mempengaruhi besarnya traffic pengunjung blog.

Kira-kira itulah beberapa hal non-teknis diatas yang dapat membuat aktivitas ngeblog menjadi lebih “sehat” dan menyenangkan. Yang paling penting, dengan ngeblog, kita dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang lebih baik. Bukankah hal itu lebih bermanfaat?? Selamat ngeblog dan berekspresi. :)

Cetak Halaman Ini

Posting yang Berkaitan



Akhmad Syarif mengatakan...

Wah ngeblog ada yang sehat dan sakit ya

"Pejantan Tangguh" mengatakan...

Humaidi Muzammil: semester 1 sore-A TI,, ikutan jg pak... yaa,,!!! skalian blajar buat blog yg ma'nyuss,, pak,,!!! heheheeee.... sangnakhoda.blogspot.com

"Pejantan Tangguh" mengatakan...

Humaidi: semester 1 sore A,TI. ikutan jg pak yaaa,,,,!!! sekalian belajar ngeblog,,,, heheheheee....

Humaidi mengatakan...

Humaidi: semester 1 sore-A TI. ikutan jg pak yaaa,,,!!! sekalian belajar ngeblog pak,,!! heheheee.....