Senin, Februari 02, 2009

Membuat Blog Memiliki Banyak Penulis Postingan

Adakalanya sebuah blog “dimiliki” oleh banyak orang. Biasanya blog yang dimaksud ber”genre” blog komunitas. Misal, blog untuk alumni, blog hobby, dan sejenisnya. Meskipun ada adminnya –katakanlah satu orang, namun keuntungan memiliki banyak penulis dalam satu blog dapat mengurangi “beban kerja” si administrator. Terutama yang berkaitan dengan entry postingan. Memang tiap penulis blog yang diundang dapat di setting tingkat privilege-nya, misal sebatas penulis atau sebagai admin.Di blogger (www.blogger.com) terdapat fasilitas untuk mengundang banyak penulis. Syaratnya, kita harus mengetahui alamat email orang-orang yang akan kita undang sebagai penulis. Caranya pun sangat mudah.
Pertama login ke blogger, masuk ke Pengaturan, pilih tab Izin.


Setelah itu isikan alamat email dari orang-orang yang akan kita undang di form isian. Tandai dengan koma untuk menambahkan alamat email baru. Blogger membatasi jumlah penulis sebanyak 100 alamat email ( cukup banyak lah :) ).


Setelah selesai memasukkan alamat email barulah klik tombol Undang. Sistem secara otomatis akan mengirim email undangan ke alamat email yang dimasukkan/dituju. Undangan berisi link verifikasi yang harus di proses oleh si penerima untuk bisa memasukkan postingan ke blog dimaksud. O ya, untuk dapat berpartisipasi, tiap penulis yang diundang harus telah memiliki akun di Google. Kalau masih belum, ya daftarkan dulu alamat email Anda. :)
Gampang sekali bukan?! :D. Dengan fasilitas itu akan memudahkan semua orang yang diundang untuk bisa langsung berpartisipasi. Tentunya dengan segala ketentuan yang telah disepakati bersama oleh internal komunitas yang Anda bentuk. Jadi teman-teman Anda yang berbeda jarak dapat mengabarkan berita / keadaan setempat dengan lebih ekspresif melalui blog “keroyokan” yang dibangun.
Fungsi fasilitas ini mungkin suatu saat akan menggeserkan aplikasi dari mailing list (mungkin gak ya ?? :d ). Karena selain mudah, kita juga dapat memasukkan file-file multimedia. Singkatnya, lebih keren euy! :z
Selamat mencoba deh..!!

Cetak Halaman Ini

Posting yang Berkaitan